Jumat, 29 Januari 2016

RPP MATEMATIKA KELAS VIII K-13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMP
Kelas/Semester            : VIII/1 (satu)
Mata Pelajaran            : Matematika
Topik                          : Menentukan akar-akar persamaan kuadrat
Waktu                         : 2 x 45  menit

A.    Kompetensi Inti SMA kelas X
1.1  Meghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya.
1.2  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
1.3  Memahami, menerapkan, menganalisa, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan perabadan terkait penyebab penomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
1.4  Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
2.1  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.2  Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam  memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.3  Mendeskripsikan persamaan dan fungsi kuadrat , memilih strategi dan menerapkan untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat serta memeriksa kebenaran jawabannya.
2.4  Mengidentifikasi dan menerapkan konsep fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskannya secara lisan dan tulisan.


C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1  Menunjukkan partisipasi aktif dalam diskusi kelompok tentang  permasalahan kuadrat
3.2  Mampu menterjemahkan permasalahan ke dalam persamaan kuadrat
3.3  Mampu menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara :
a)      Pemfaktoran
b)      Melengkapkan bentuk kuadrat sempurna
c)      Menggunakan rumus
3.4  Mengintepretasikan jawaban ke dalam permasalahan yang sesungguhnya
3.5  Mampu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan kuadrat.

D.    Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran persamaan kuadrat ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta mampu:
1.      Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara :
a)    Pemfaktoran
b)    Melengkapkan bentuk kuadrat sempurna
c)    Menggunakan rumus
2.      Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan kuadrat.

E.     Materi
Menentukan akar-akar persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0 , a , b , c  dan a≠0 dengan cara :
a)    Pemfaktoran
b)    Melengkapkan bentuk kuadrat sempurna
c)    Menggunakan rumus
F.     Pendekatan /Model /Metoda Pembelajaran
·         Pendekatan pembelajaran       : scientific
·         Model Pembelajran                 : Cooperatif Learning tipe TPC
·         Metoda Pembelajaran             : Diskusi/tanya jawab

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.   Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami persamaan kuadrat dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
2.   Guru memberikan apersepsi untuk mengingatkan kembali dan mendorong rasa ingin tahu , berfikir kritis :
·         Pemfaktoran
·        
3.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

10 menit
Inti
1. langkah-langkah pembelajaran cooperatif tipe TPC:
a)      Bagilah siswa di kelas anda ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 4 orang.
b)      Bagi lagi kelompok-kelompok siswa anda tersebut menjadi pasangan-pasangan. Jadi akan ada partner  A dan partner B pada kedua pasangan.
c)      Berikan setiap pasangan ini sebuah LKS untuk dikerjakan. LKS terdiri dari beberapa soal atau permasalahan (jumlahnya genap).
d)     Berikutnya, berikan kesempatan kepada partner A untuk mengerjakan soal nomor 1, sementara partner B mengamati, memberi motivasi, membimbing (bila diperlukan) partner A selama mengerjakan soal nomor 1 tersebut.
e)      Selanjutnya bertukar peran, partner B mengerjakan soal nomor 2, dan partner A mengamati, memberi motivasi, membimbing (bila diperlukan) partner A selama mengerjakan soal nomor 2 tersebut.
f)       Setelah 2 soal terselesaikan, maka pasangan tersebut mencek hasil pekerjaan mereka berdua dengan pasangan lain yang satu kelompok dengan mereka.
g)      Setiap kelompok yang memperoleh kesepakatan (sama pendapat/cara memecahkan masalah/menyelesaikan soal) merayakan keberhasilan mereka, atau guru memberikan penghargaan (reward). Guru dapat memberikan pembimbingan bila kedua pasangan di dalam kelompok tidak menemukan kesepakatan.
h)      Langkah nomor 4, 5, dan 6 diulang lagi untuk menyelesaikan soal nomor 3 dan 4, demikian seterusnya sampai semua soal pada LKS selesai dikerjakan setiap kelompok.
70 menit
Penutup
1. Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana menyelesaikan persamaan kuadrat dengan berbagai cara.
2. Guru memberikan pekerjaan rumah beberapa soal mengenai penyelesaian persamaan kuadrat
3. Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
   10 menit


H. Alat / Media / Sumber Pembelajaran
1. Bahan tayang
2. Lembar Kerja siswa
3. Lembar penilaian

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian : Pengamatan, tes tertulis
2. Prosedur Penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran pesamaan kuadrat
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menyelesaiakan persamaan kuadrat dengan cara :
·      Pemfaktoran
·      Melengkapkan bentuk kuadrat sempurna
·      Rumus kuadrat
b.      Mengintepretasikan jawaban ke dalam permasalahan yang sesungguhnya


Pengamatan dan tes

·         Penyelesaian tugas individu dan kelompok
·         Sesudah diskusi kelompok
3.

Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan penyelesaian persamaan kuadrat

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

Menurut kelompok kami : “Pembelajaran kooperatif tipe TPC adalah pembelajaran kelompok yang terdiri dari kelompok kecil, dimana sudah terorganisir yang bertujuan untuk mencapai tujuan belajar.”    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar